Peningkatan Motivasi Minat Baca dan Minat Belajar Anak-anak di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung

Authors

  • Elvira Barokah Padilah Barokah Padilah Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Afifah Nurul Izzah Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Alma Dwi Rachmadanty Univerisitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Novi Andri Nurcahyono Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53276/dedikasi.v2i2.104

Keywords:

Pengabdian, Pendidikan Formal, Literasi, Bandar Lampung, Kecamatan Kemiling

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh Indeks literasi di Bandar Lampung, dimana merupakan provinsi dengan urutan yang rendah dibandingkan dengan provinsi lainnya. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan membaca, bahasa isyarat, edukasi mengenai bagian tubuh yang tidak boleh disentuh, dan bertukar cerita. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan oleh mahasiswa program pertukaran mahasiwa kampus merdeka yang berkolaborasi dengan Busa Pustaka, yaitu perpustakaan keliling yang didirikan oleh penggiat literasi di Kota Bandar Lampung. Kegiatan pengabdian ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anak-anak di Kecamatan Kemiling tentang membaca, bahasa isyarat dan edukasi mengenai bagian tubuh yang tidak boleh disentuh, serta kegiatan refleksi. Kegiatan penga bdian yang berlangsung selama satu hari, yaitu pada tanggal 8 Januari 2023 di Sekolah Rakyat Busa Pustaka, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung. Dari kegiatan pengabdian ini,  anak-anak di Kecamatan Kemiling dapat meningkat literasinya, minat bacanya, dapat menguasai bahasa isyarat, dapat mengimplementasikan edukasi mengenai bagian tubuh yang tidak boleh disentuh, dan dapat mengekspresikan diri dengan baik melalui kegiatan bertukar cerita serta mampu berpikir kreatif.

Kata Kunci: Pengabdian; Pendidikan Formal; Literasi; Bandar Lampung, Kecamatan Kemiling

References

Adi, R. P. (2019). Fungsi Bahasa Isyarat Terhadap Kemudahan Akses Informasi Bagi Siswa Tunarungu Di Perpustakaan Slb N 1 Bantul Skripsi.

Agustin, I. (2020). Analisis interaksi sosial siswa tuna rungu di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusi. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–38.

Anwar, R. N. (2022). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 646–655.

Aurellia, M., Kaunang, S. B. S., & Mauleti, E. K. (2021). Perancangan Modul Prakarya Upaya Meningkatkan Minat Baca pada Anak-anak Busa Pustaka. Prosiding Seminar Nasional Desain Sosial (SNDS), 3(1), 285–292.

Badan Pusat Statistik. (2022, December 23). Persentase Penduduk Buta Huruf (Persen), 2020-2022. https://www.bps.go.id/subject/28/pendidikan.html#subjekViewTab3

Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522–527.

Djausal, G. P., Wulandari, J., Agung, M., & Adistya, D. (2021). Laporan PKM Sosialisasi Pengembangan PRoduk Hijau pada Komunitas Baca Bandar Lampung. Sosialisasi Pengembangan Produk Hijau Pada Komunitas Baca Bandar Lampung.

Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60.

Faradina, N. (2017). Pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60–69.

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2022). Pengaruh Teknologi dan Literasi terhadap Komunikasi Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 581–585.

Ginting, E. S. (2021). Penguatan literasi di era digital. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3, 35–38.

Ismayanti, I., Arsyad, M., & Marisda, D. H. (2020). Penerapan Strategi Refleksi Pada Akhir Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Fluida. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 27–31.

Jumansyah, A. P., Hadi, K., Syafei, A. W., Maksum, A., & Zulkarnain, F. L. (2022). Efektivitas Modul Nusantara dalam Memahami Empat Pilar Kebangsaan. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial E-ISSN, 2745, 5920.

Kementerian Pendidikan, B. R. dam T. R. I. (2022). Apa itu Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/4417529304601-Apa-itu-Program-Pertukaran-Mahasiswa-Merdeka#:~:text=Program%20Pertukaran%20Mahasiswa%20Merdeka%20tahun,sekaligus%20memperkuat%20persatuan%20dalam%20keberagaman.

Mufridah, L., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101–112.

Noor, I. H. M. (2010). Penelitian dan pengabdian masyarakat pada perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 285–297.

Penelitian, P., Pendidikan, K., Kebudayaan, D., Penelitian, B., Pengembangan, D., & Pendidikan, K. (n.d.). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. https://litbang.kemdikbud.go.id

Putri, A. E., Trisnaningsih, T., & Nugraheni, I. L. (2018). Faktor-faktor penyebab anak putus sekolah jenjang pendidikan dasar. Jurnal Penelitian Geografi (JPG), 6(5).

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Silviana. (2022, April 2). Pegiat Literasi Lampung: Antusias Anak Membaca Tinggi tapi Akses Kurang. https://lampung.idntimes.com/news/lampung/silviana-4/pegiat-literasi-lampung-antusias-anak-membaca-tinggi-tapi-akses-kurang?page=all

Sinaga, A. B., Sebayang, F. A. A., & br Limbong, W. S. (2021). Peningkatan Literasi Melalui Penerapan Dear Di Panti Asuhan Rahpia Simalingkar B Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 2(2), 47–55.

Soehadha, M. (2016). Pemberdayaan masyarakat berbasis agama; model pengabdian masyarakat oleh dosen dan peran pusat pengabdian kepada masyarakat uin Sunan kalijaga. Religi: Jurnal Studi Agama-Agama, 12(1), 1–16.

Sri. (2022). Miri, 136 kasus kekerasan perempuan dan anak terjadi di Bandar Lampung. https://www.kupastuntas.co/2022/12/21/miris-136-kasus-kekerasan-perempuan-dan-anak-terjadi-di-bandar-lampung

Sudarsana, U. (2014). Pembinaan minat baca. Universitas Terbuka, 1(028.9), 1–49.

Walyyunita, R., Indriati, D. K., Mustanfidah, A., & Fitriana, A. (2021). Dampak Gedget terhadap minat baca peserta didik SD/MI: Pengaruh gadget. Semai: Seminar Nasional Pgmi, 1(1), 555–568.

Witanto, J. (2018). Minat baca yang sangat rendah. Publikasi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Yuniati, Y., Yuningsih, A., & Ratmanto, T. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi Dan Humaniora, 7(2), 366–377.

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Barokah Padilah, E. B. P., Nurul Izzah, A., Dwi Rachmadanty, A., & Andri Nurcahyono, N. (2023). Peningkatan Motivasi Minat Baca dan Minat Belajar Anak-anak di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 266–277. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v2i2.104

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.