Pendampingan Efisiensi Rantai Nilai Bisnis Keripik Pisang Ibu Kusnayati (Kripik Pisang Ainun) Di Desa Cipasung Kuningan Jawa Barat

Authors

  • Hans William Adiarta Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia
  • Stevania Serena Tanuwijaya Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia
  • Stewart Yapto Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia
  • Tsabita Alia Fahmi Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia
  • Albert Hasudungan Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia
  • Teddy Trilaksono Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53276/dedikasi.v3i1.133

Keywords:

Manjemen Pasokan, Wirausaha, Indonesia

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat di Universitas Prasetiya Mulya adalah membantu pemberdayaan pada pelaku  bisnis UMKM di Kuningan, Jawa Barat. Tim Kelompok Community Development (Comdev) ini mendapat bagian tugas comdev di Desa Cipasung pada Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan pemberdayaan mitra usaha UMKM yang membuat kripik pisang. Permasalahan yang dihadapi mitra usaha UMKM adalah tidak efisiennya manajemen rantai pasok dari usaha pembuatan kripik pisang tersebut. Hasil dari kegiatan ini adalah transfer kapabilitas dan perbaikan manajemen rantai pasok UMKM tersebut. Inefisiensi terjadi dari pencatatan bahan baku yang tidak periodik, proses operasional usaha yang masih random hingga pangsa pasar serta profit mitra usaha yang sangat kecil. Dengan memberikan pendampingan SDM (sumberdaya manusia) dalam wirausaha, mitra UMKM diharapkan dapat menjalankan usahanya dengan lebih profesional dengan omset penjualan yang lebih stabil. Di sini, efisiensi rantai pasok bisnis adalah memberikan cara problem solving (masalah dan solusi) adalah melihat dari operasional hulu sampai dengan hilir (upstream to downstream analysis) selama 6 bulan. Harapannya adalah mereka menjadi wirausaha yang lebih terampil dan dapat beradaptasi dengan fluktuasi pasar (resilient enterpreneurs).

References

Ahmad, T., Arief Daryanto, A., Oktaviani, R., & Priyarsono, D. (2018). Global Value Chain of Indonesian Pulp and Paper Industry. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 15. https://doi.org/10.17358/jma.15.2.118

Anjani, H. D., Irham, I., & Waluyati, L. R. (2019). Relationship of 7P Marketing Mix and Consumers’ Loyalty in Traditional Markets. Agro Ekonomi, 29(2), 261. https://doi.org/10.22146/ae.36400

Christiani, L., Ikasari, P., & Nisa, F. (2020). Pengembangan Kemandirian Kelompok Difabel Melalui Pemanfaatan Pemasaran Digital di Kota Magelang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 276–286. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.4650

Galankashi, M., & Rafiei, F. (2021). Financial performance measurement of supply chains: a review. International Journal of Productivity and Performance Management, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/IJPPM-11-2019-0533

Hugos, M. (2018). Essentials of Supply Chain Management. John Wiley & Sons, Inc. https://doi.org/10.1002/9781119464495

Luis, C., Purnama, W., Nicholas, H., Jonathan, V., Maruli, A., Wartono, A., & Hasudungan, A. (2020). Empowering Business Process Improvement of Kue Basah Ny. Anong in Cianjur, West Java. Journal of Sustainable Community Development (JSCD), 2(2), 62–74. https://doi.org/10.32924/jscd.v2i2.17

Normawati, R., Ike Wardani, S., & Widayani, A. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Sarana Komersialisasi Produk Kampung Batik Kembang Turi Blitar. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 253–261. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.4157

Rahayu, R., & Day, J. (2015). Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Developing Country: Evidence from Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 142–150. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.423

Robinson, M., & Lock, S. (2016). Introducing the Business Model Canvas (January 2016). http://culturehive.co.uk/wp-content/uploads/2016/01/Introducing-the-Business-Model-Canvas.pdf

Tambunan, T. (2015). Financial Inclusion, Financial Education, and Financial Regulation: A Story from Indonesia. In SSRN Electronic Journal (Issue 535). https://doi.org/10.2139/ssrn.2641734

Theodora, D., Djohan, S., Abdurrahman, A., Rozali, L., Putranto, P., & Hasudungan, A. (2021). Pemberdayaan Aspek Pemasaran, Pembukuan, dan Operasional pada Usaha Kremes Ubi Ibu Atim di Desa Sukatani Melalui Pendekatan Business Model Canvas. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 60–74. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.8465

Titman, S., Keown, A., & Martin, J. (2017). Financial Management: Principles and Applications (13th ed.). Pearson.

University of Cambridge. (2023, June 19). Porter’s Value Chain. Https://Www.Ifm.Eng.Cam.Ac.Uk/Research/Dstools/Value-Chain-/.

Wang, C., Mao, Z., Johansen, J., Luxhøj, J. T., O’Kane, J., Wang, J., Wang, L., & Chen, X. (2016). Critical success criteria for B2B E-commerce systems in Chinese medical supply chain. International Journal of Logistics Research and Applications, 19(2), 105–124. https://doi.org/10.1080/13675567.2015.1032228

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Adiarta, H. W. ., Tanuwijaya, S. S. ., Yapto, S. ., Fahmi, T. A. ., Hasudungan, A., & Trilaksono, T. (2024). Pendampingan Efisiensi Rantai Nilai Bisnis Keripik Pisang Ibu Kusnayati (Kripik Pisang Ainun) Di Desa Cipasung Kuningan Jawa Barat. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 421–433. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v3i1.133

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.