Pembelajaran Komunikasi Antar Pribadi dalam Industri Hospitality pada Siswa SMK Krisanti Jakarta
Keywords:
Komunikasi; Komunikasi Antar Pribadi; Industri Hospitality; Sekolah Menengah KejuruanAbstract
Kegiatan komunikasi idealnya bukan hanya memberikan informasi, tetapi juga merupakan kegiatan persuasif. Artinya, komunikasi juga mengambil alih dalam upaya membujuk orang lain bersedia menerima, bahkan mau melakukan suatu keyakinan atau keinginan yang disampaikan oleh komunikator. Memberikan stimuli dalam konteks komunikasi Antar pribadi menjadi salah satu faktor terbentuknya pelayanan prima bidang hospitality industry atau bidang jasa akomodasi perhotelan dalam upaya persuasif. Kegiatan Hospitality bermakna dari kata “hospes” yang berarti tamu atau sikap sebagai tuan rumah yang baik. Sehingga sering diartikan sebagai keramah-tamahan orang yang suka menjamu, akrab dan dapat menciptakan suasana santai. Artikel ini merupakan upaya pembelajaran bentuk komunikasi antar pribadi dalam dunia hospitality industri pada SMK Krisanti Jakarta yang bertujuan memberikan wawasan luas pada siswa mengenai bagaimana menjamu para tamu yang datang dengan ragam bentuk komunikasi antar pribadi. Mengguna metode pembelajaran tatap muka dengan media digital seperti modul dan youtube selama kurang lebih 1 (satu) bulan atau bobot materi 30 jam pembelajaran siswa kelas 10 Jurusan Perhotelan. Hasilnya para siswa memberikan tanggapan positif pada materi dengan sangat atraktif, relevan dan menerapkan setiap detail materi komunikasi pada bidang jurusan yang ditekuninya
References
Zulfikah Nur, (2022), Efektivitas Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 di MTs Negeri 1 Makassar, Educandum: Volume 8 Nomor 1 Juni 2022, hal. 122. diakses tanggal 20 Mei 2023
Kadar Nurjaman dan Khaerul Umam, (2012). Komunikasi & Public Relation. Bandung: Pustaka Setia, 36.
Sampir Andrean Sukoco, (2018) New Komunikasi Pemasaran Teori dan Aplikasinya, CV Pustaka Abadi, Jember, hal.3.
I Ketut Suwena dan I Gusti Ngurah Widyatmaja, (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata, Pustaka Larasan, Fakultas Pariwisata Universitas Udayana, Denpasar, hal.16.
Hary Hermawan, Erlangga Brahmanto, dan Faizal Hamzah, (2018). Pengantar Manajemen Hospitality (Free Version), Pekalongan: PT Nasya Expanding Management, hal.8-12.
Deddy Maulana, (2014). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, hal 46.
Desmon Ginting, (2017). Komunikasi Cerdas – Panduan Berkomunikasi di Dunia Kerja (New Edition), Jakarta: PT Alex Media Komputindo, hal 7.
Ida Suryani Wijaya, (2013). Komunikasi Interpersonal dan Iklim Komunikasi dalam Organisasi, STAIN Samarinda: Jurnal Dakwah Tabligh volume 14, Institut Agama Islam Negeri Samarinda, hal. 118.
Burhan Bungin, (2015). Komunikasi Pariwisata (Tourism dan Communication): Pemasaran dan Brand Destinasi, Jakarta: Prenada Media, hal. 56-60.
Meki Pamekas, (2021). Pelayanan Prima, Klaten: Penerbit Lakeisha, Jawa Tengah, hal. 2.
RR. Listianing Riandari, (2018). Komunikasi Industri Pariwisata, Buku pelajaran Direktorat Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, hal.21.
Potongan layar dari YouTube https://www.youtube.com/watch?v=BYxwD3_VSTQ diakses tanggal 14 Mei 2023.
Potongan layar dari YouTube https://www.youtube.com/watch?v=U6wjURaoCJA diakses 14 Mei 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Radyta Achmad Burhanuddin, Indah Fajar Rosalina, Dani Siswardhani Wahjono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This means, under the CC-BY 4.0 license the author(s) allow, permitted, and encouraged to:
- The others to share and adapt the work (the material and the content of publications);
- Enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book)
- Post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The users of DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat are required to cite the original source, including the author's names, DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI).


