Penanaman Konsep Diri pada Generasi Muda untuk Menghadapi Tantangan Masa Depan dengan Character Building Training

Authors

  • Hesti Maheswari Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia
  • Ida Juda Widjojo Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia
  • Agung Sigit Santoso Universitas Mercu Buana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53276/dedikasi.v3i1.153

Keywords:

Konsep Diri, Keterampilan Sosial, Generasi Muda, Masa Depan

Abstract

Penanaman pemahaman konsep diri untuk meningkatkan keterampilan sosial pada generasi muda, baik bersifat kontekstual dan kultural, semakin hari dirasa semakin meningkat. Hal ini berbanding lurus dengan jumlah tawuran antar pelajar, kasus penyalahgunaan narkotika, dan angka bunuh diri karena mereka tidak mampu mengendalikan dan mengekspresikan emosi dengan cara yang tepat dan dapat diterima masyarakat. Program ini bertujuan meningkatkan pemahaman para peserta tentang konsep diri dan menjadikan peserta mampu memaksimalkan diri sehingga berguna bagi diri sendiri dan orang lain. Untuk mencapai tujuan tersebut, character building training dua hari akan diterapkan. Beberapa peserta mengaku tidak konsisten dalam mencapai tujuan dan sering mengelak dari tanggung jawab, namun kegiatan ini juga berhasil meningkatkan indikator konsep diri lainnya. Mereka lebih percaya diri dan bangga dengan pencapaian diri; mampu mengatur hidup dan mengatasi kesulitan; dapat dipercaya, mau menghargai orang lain dan tidak menyakiti teman; merasa bebas berkarya, mandiri, optimis, dan termotivasi. Mereka mengaku mampu mengendalikan emosi pada saat temannya melakukan kesalahan pada saat mengerjakan tugas kelompok dan lebih peka; serta mereka merasa lebih sehat dan prima untuk beraktivitas. Pengembangan karakter bukanlah usaha yang mudah dan instan. Perlu usaha yang berulang-ulang dan pendampingan kepada peserta secara terus-menerus hingga mereka memiliki jati diri yang matang.

References

Basra. (2020). Angka Kematian Remaja Bunuh Diri Tertinggi Kedua Setelah Kecelakaan. Surabaya: Kumparan.

BNN, H. (2022). Hindari Narkotika Cerdaskan Generasi Muda Bangsa. Jakarta: Badan Narkotika Nasional.

Chen, F., Garcia, O. F., Fuentes, M. C., Garcia-Ros, R., & Garcia, F. (2020). Self-Concept in China: Validation of the Chinese Version of the Five-Factor Self-Concept (AF5) Questionnaire. Symmetry, 12 (5), https://doi.org/10.3390/sym12050798.

Damarjati, D. (2020). Tingkat Bunuh Diri Indonesia Dibanding Negara-negara Lain. Jakarta: detikNews.

Elbes, E. K., & Oktaviani, L. (2022). Character Building In English For Daily Conversation Class Materials For English Education Freshmen Students. Journal of English Language Teaching and Learning, Vol 3 (1), 36-45.

Ernes, Y. (2022). Tawuran Pelajar Tewaskan 1 Orang di Tangsel, 2 Remaja Ditangkap. detikNews.

Goñi, E., Madariaga, J. M., Axpe, I., & Goñi, A. (2011). Structure of the Personal Self-Concept (PSC) Questionnaire. International Journal of Clinical and Helath Psychology, 509-522.

Harahap, H. S., Hrp, N. A., Nasution, I. B., Harahap, A., Harahap, A., & Harahap, A. (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi, Minat dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1133-1143.

Hidayati, N. A., Waluyo, H. J., Winarni, R., & Suyitno. (2020). Exploring the Implementation of Local Wisdom-Based Character Education among Indonesian Higher Education Students. International Journal of Instruction, 179-198.

Itszah. (2022). Benarkah Narkoba dan Remaja Tidak Bisa Dilepaskan? ITS Online.

Kirschenbaum, H. (2011). From Values Clarification to Character Education: A Personal Journey. The Journal of Humanistic Counseling, Education and Development.

Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2017). Experiential Learning Theory as a Guide for Experiential Educators in Higher Education. Experiential Learning & Teaching in Higher Education: Vol. 1: No. 1, Article 7.

Kominfo, D. (2021). Sebanyak 57 Persen Remaja Coba Pakai Narkoba. Jawa Timur: Kominfo .

Kurnianto, M. (2021). Jakarta: Tawuran Pelajar di Jalan Ciater Serpong, Satu Orang Terluka. tempo.co.

Kurnianto, M. (Keluarga Sembunyikan Pelaku Tawuran Sadistis Tangsel di Lido. 2018). tempo.co.

Kurniawati, Wijayanti, F. E., Nurhaedah, Zaenal, Betan, B., & Pannyiwi, R. (2023). Penyuluhan Narkoba Sejak Dini Di Kelas V dan VI SDN 8 Benteng Kab. Sidrap. Makassar: Al-Amanah.

Maheswari, H. (2010). Optimalisasi Kapasitas Dalam Meningkatkan Efisiensi dan Pengembalian Investasi (Studi Kasus pada Universitas Mercu Buana Jakarta). Pamator, 149-163.

Maheswari, H. (2012). Quality leadership and role to the employee’s performance in improving students’ satisfaction. Proceedings of the International Seminar and Call for Papers–Strategic Leadership: Green Management. Jakarta, Indonesia.

Maheswari, H. (2013). Analisis Perbandingan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Proses Belajar Mengajar Dosen Tetap Dengan Dosen Tidak Tetap Pada Universitas Mercu Buana. Jurnal SWOT, 1-13.

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). Yaa Bunnaya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1-8.

Martin, J. (2010). Stigma and Student Mental Health in Higher Education. Higher Education Research and Development, 29,, 259-274.

Paul, S.-A. S., Hart, P., Augustin, L., Clarke, P. J., & Pike, M. (2022). Parents’ perspectives on home-based character education activities. Journal of Family Studies, 1158-1180.

Pérez, J. E., Luján, J. C., Ornelas, J. R., Hernández, Z. P., & Vega, H. B. (2019). Factorial composition of the Personal Self-Concept Questionnaire (APE) in Mexican university students. Acta Universitaria, 29.

Pradana, J. M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Karakter Anak Terbentuk Berdasarkan Didikan Orang Tua dan Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Puslitdatin. (2020). Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat. Jakarta: Badan Narkotika Nasional.

Rees, D. I., Sabia, J. J., & Kumpas, G. (2022). Anti-Bullying Laws and Suicidal Behaviors Among Teenagers. Journal of Policy Analysis and Management, 41 (3), 787-823.

Sabiila, S. I. (2021). Permendikbud No 82 Tahun 2015 Penanggulangan Kekerasan di Sekolah, Ini Isinya. Jakarta: detikNews.

Wadu, L. B., Kasing, R. N., Gultom, A. F., & Mere, K. (2020). Child Character Building Through the Takaplager Village Children Forum. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Social Science and Humanities (ANCOSH 2020). Atlantis Press.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Maheswari, H., Widjojo, I. J., & Santoso, A. S. (2024). Penanaman Konsep Diri pada Generasi Muda untuk Menghadapi Tantangan Masa Depan dengan Character Building Training. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 360–372. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v3i1.153

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.