Pelatihan Public Speaking Untuk Mengoptimalkan Keterampilan Berbicara Pada PKK RW 13 Cibubur

Authors

  • Inggit Dessy Susanti Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Dahlia Sarkawi
  • Idah Yuniasih
  • R.Ati Haryati
  • Angelina Jola Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Dela Novitasari Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53276/dedikasi.v3i1.163

Keywords:

Public Speaking Training, Keterampilan Berbicara, PKK RW 13 Cibubur, Pengembangan Komunikasi, Peningkatan Percaya Diri

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, terutama bagi anggota PKK, termasuk sekretaris kelompok PKK RW 13 Desa Cibubur. Kerja sama dengan mitra PKK RW 13 yang fokus pada peningkatan keterampilan berbicara membuat kegiatan ini semakin berarti. Simulasi digunakan untuk memfasilitasi pengalaman pelatihan. Kegiatan ini, diadakan pada 28 Oktober 2023 dari 08.00 hingga 12.00, memberikan anggota PKK peluang untuk meningkatkan rasa percaya diri berbicara di depan umum, meningkatkan komunikasi internal PKK secara lebih luas, dengan fokus pada pengembangan pribadi. Temuan dari pelatihan ini antara lain meningkatkan keterampilan berbicara dan rasa percaya diri. Metode yang digunakan untuk mencapai hasil positif dalam pelatihan ini melibatkan: simulasi berbasis peran, pendekatan terarah dan terstruktur dan kolaborasi aktif dengan peserta. Dengan meningkatkan kemampuan public speaking, diharapkan terjadi perubahan positif dalam dinamika masyarakat, memperkuat peran PKK sebagai penggerak perubahan yang baik.

References

Akbar, M. F., Putubasai, E., & Asmaria, A. (2019). Peran Komunikasi Dalam Pembangunan Masyarakat. Komunika, 2(2), 111–127.

Astuti, C. W., Wirawan, F. W., & Priliantari, Y. D. (2020). Effective Public Speaking Penggerak PKK Kelurahan Pondok Kelapa Jakarta Timur. Jurnal Karya Untuk Masyarakat (JKuM), 1(2), 141–154.

Azis, A. R. (2022). Kontribusi Tim Penggerak Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Kelurahan Cambayya Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Universitas Bosowa.

Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48–52.

Darmuki, S., Haryadi, A., & Putra, D. W. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 263–276.

Hilaliyah, T. (2017). Tes Keterampilan Berbicara Siswa Dalam Pembelajaran. Jurnal Membaca Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 83–98.

Irmayani, N. R., Jayaputra, A., Nainggolan, T., Mujiyadi, B., Erwinsyah R.G, Suradi, S., & Indrajaya, I. (2019). Pemetaan Sosial Menuju Desa Berketahanan Sosial Melalui Penyuluh Sosial Masyarakat Sebagai Agen Perubahan. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial.

Mualafina, R. F., Budiawan, R. Y. S., & Ulfiyani, S. (2022). Pelatihan Public Speaking Bagi Ibu-Ibu Penggerak Pkk Desa Banyuringin Kecamatan Singorojo Kabupaten KENDAL. In Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat , 349–360.

Munawaroh, S. S., Nursyamsiyah, S., & Putra, D. W. (2022). Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Santriwati Di Pondok Pesantren Baitul Hikmah. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 142–152.

Munawaroh, A., et al. (2022). "Tantangan dan Faktor-Faktor Pendukung dalam Pengembangan Kemampuan Public Speaking: Sebuah Tinjauan Literatur." Jurnal Komunikasi Pendidikan, 7(2), 123-145.

Novianti, D., & Fatonah, S. (2018). Literasi Media Digital di Lingkungan Ibu-Ibu Rumah Tangga di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 1–14.

Pahrudin, P. (2020). Pengantar ilmu public speaking. Penerbit Andi.

Razali, G., Andamisari, D., Putranto, A., Ambulani, N., Sanjaya, F., & Deryansyah, A. D. (2023). Pelatihan Public Speaking Dalam Meningkatkan Komunikasi Sosial. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4759–4767.

Saras, T. (2023). Mengatasi Phobia: Mengenal, Mengerti dan Menguasai Ketakutan yang Menghambat. Tiram Media.

Sari, A. F. (2020). Etika komunikasi. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 127–135.

Septyastuti, I. R. (n.d.). Implementasi Program OK OCE Bagi Kesejahteraan Keluarga (Studi Kasus OK OCE Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat). FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Siregar, N. S. S., & Comm, I. S. T. M. (2022). Buku Ajar Public Speaking. Scopindo Media Pustaka.

Supriyono, S. (2014). Optimalisasi Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Peningkatan Penguasaan Struktur Kalimat. Khazanah Pendidikan, 7(1).

Wahyuni, S. (2013). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa psikologi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(4).

Widoyoko, R. (2019). Faktor Percaya Diri Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran Bahasa Indonesia), 1(02), 210–217.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Susanti, I. D., Sarkawi, D., Yuniasih, I., Haryati, R. ., Jola, A., & Novitasari, D. . (2024). Pelatihan Public Speaking Untuk Mengoptimalkan Keterampilan Berbicara Pada PKK RW 13 Cibubur. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 335–344. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v3i1.163

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.