Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul Dengan One Group Pre And Post Test di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan
DOI:
https://doi.org/10.53276/dedikasi.v3i2.206Keywords:
Kata kunci: Kegiatan pemantapan, Penyediann modul, One group pre and post test, Uji normalitas gain.Abstract
Dalam dunia ilmu pengetahuan, matematika disebut sebagai bahasa ilmu pengetahuan. Artinya disiplin ilmu ini merupakan pondasi dasar dari semua cabang disiplin keilmuan lainnya. Jika kemampuan matematika seseorang cukup baik, maka mudah bagi seseorang tersebut untuk menguasai keilmuan yang lain begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, perlu kiranya memfasilitasi peserta didik dengan berbagai hal yang dapat meningkatkan pemahamannya terhadap setiap materi dalam bidang studi matematika. Dalam penelitian ini, kami mengusulkan diadakannya kegiatan pemantapan dan penyediaan modul yang diharapkan dapat meningkatkan nilai akademik para siswa. Untuk mengukur tingkat efektivitas dari kegiatan ini, kami menggunakan uji normalitas gain dengan one group pre and post test design yang diaplikasikan pada bab himpunan di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Dari penelitian ini merepresentasikan dominasi efektivitas pada level sedang sebanyak 48,875%, disusul level tinggi dan rendah dengan persentasi yang sama sebesar 35 % dan tidak efektif sebesar 4.635 %. Dapat disimpulkan bahwa usulan pengadaan kegiatan pemantapan dan penyediaan modul memberi pengaruh keefektivan pemahaman para siswa terhadap materi pelajaran cukup signifikan, sehingga dapat membantu meningkatkan nilai akademik peserta didik.
References
REFERENSI
Ching, Poon, dkk. 2002. Jurnal Working Environment and Stress: A Survey on Malaysian Employees in Commersial Banks.
Academy of Management Review 2 (2): 289-297.
Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta. Jakarta.
Bandung: Alfabeta.
Fitrianingsih R dan Musdalifah. Efektivitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Pembuatan Strapless Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Jambi. Fashion and Fashion Education Journal, 4(1)(2019): 2252-6803.
Hake, R, R. (1999).Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.
Hallahan. dan Kauffman. (1991). Exceptional Children. Boston:Allyn and Bacon.
https://www.spssindonesia.com/2019/04/cara- menghitung-n-gain-score-spss.html, diakses pada 6 juli 2019.
Iswara W, Gunawan A dan Dalifa. Pengaruh Bahan Ajar Muatan Lokal Mengenal Potensi Palembang Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (2022) p-ISSN: 1693-8577 e-ISSN: 2599-0691.
Jakarta : Raja Grafindo Persada. Jakarta: Erlangga. Juli 2019].
Keys, Bernard. 1977. The Management of Learning Grid for Management Development.
Munadi, Yudhi.(2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung Persada Press.
Partowisastro, H. Koestoer. 1984. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah-Sekolah Jilid III.
Prastowo, Andi. 2020. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Riyanti Widi. (2013). Karakteristik dan Pendidikan Tunanetra, [Online]. Tersedia: http://www.academia.edu. [21
Sadiman, Arif S. dkk. 2014. Media Pendidikan.
Sari Rudiyati. (2002). Pendidikan Anak Tunanetra. Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2003). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugihartono,dkk.(2007).Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods).
Sukiman. 2017. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Suri F dan Mariatin E. Pengaruh Pencahayaan Ruang Kerja Terhadap Stres Kerja Karyawan Biro Perencana dan Kerjasama Universitas Sumatera Utara. Jurnal Diversita, 3(2) Desember (2021) p-ISSN: 2461-1263 e-ISSN: 2580-6793.
Wardani, I.G.A.K. Astati, Hernawati, T. & Somad, P. (2009). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.Web:
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Torang Siregar, Agus Maman Abadi, Sri Andayani, Ahmad Nizar Rangkuti, Joko Sungkono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This means, under the CC-BY 4.0 license the author(s) allow, permitted, and encouraged to:
- The others to share and adapt the work (the material and the content of publications);
- Enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book)
- Post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The users of DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat are required to cite the original source, including the author's names, DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI).


