Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul Dengan One Group Pre And Post Test di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan

Authors

  • Torang Siregar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Indonesia
  • Agus Maman Abadi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Sri Andayani Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Ahmad Nizar Rangkuti Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
  • Joko Sungkono Universitas Widya Dharma Klaten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53276/dedikasi.v3i2.206

Keywords:

Kata kunci: Kegiatan pemantapan, Penyediann modul, One group pre and post test, Uji normalitas gain.

Abstract

Abstrak

Dalam dunia ilmu pengetahuan, matematika disebut sebagai bahasa ilmu pengetahuan. Artinya disiplin ilmu ini merupakan pondasi dasar dari semua cabang disiplin keilmuan lainnya. Jika kemampuan matematika seseorang cukup baik, maka mudah bagi seseorang tersebut untuk menguasai keilmuan yang lain begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, perlu kiranya memfasilitasi peserta didik dengan berbagai hal yang dapat meningkatkan pemahamannya terhadap setiap materi dalam bidang studi matematika. Dalam penelitian ini, kami mengusulkan diadakannya kegiatan pemantapan dan penyediaan modul yang diharapkan dapat meningkatkan nilai akademik para siswa. Untuk mengukur tingkat efektivitas dari kegiatan ini, kami menggunakan uji normalitas gain dengan one group pre and post test design yang diaplikasikan pada bab himpunan di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Dari penelitian ini merepresentasikan dominasi efektivitas pada level sedang sebanyak 48,875%, disusul level tinggi dan rendah dengan persentasi yang sama sebesar 35 % dan tidak efektif sebesar 4.635 %. Dapat disimpulkan bahwa usulan pengadaan kegiatan pemantapan dan penyediaan modul memberi pengaruh keefektivan pemahaman para siswa terhadap materi pelajaran cukup signifikan, sehingga dapat membantu meningkatkan nilai akademik peserta didik.

References

REFERENSI

Ching, Poon, dkk. 2002. Jurnal Working Environment and Stress: A Survey on Malaysian Employees in Commersial Banks.

Academy of Management Review 2 (2): 289-297.

Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta. Jakarta.

Bandung: Alfabeta.

Fitrianingsih R dan Musdalifah. Efektivitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Pembuatan Strapless Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Jambi. Fashion and Fashion Education Journal, 4(1)(2019): 2252-6803.

Hake, R, R. (1999).Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.

Hallahan. dan Kauffman. (1991). Exceptional Children. Boston:Allyn and Bacon.

https://www.spssindonesia.com/2019/04/cara- menghitung-n-gain-score-spss.html, diakses pada 6 juli 2019.

Iswara W, Gunawan A dan Dalifa. Pengaruh Bahan Ajar Muatan Lokal Mengenal Potensi Palembang Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (2022) p-ISSN: 1693-8577 e-ISSN: 2599-0691.

Jakarta : Raja Grafindo Persada. Jakarta: Erlangga. Juli 2019].

Keys, Bernard. 1977. The Management of Learning Grid for Management Development.

Munadi, Yudhi.(2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung Persada Press.

Partowisastro, H. Koestoer. 1984. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah-Sekolah Jilid III.

Prastowo, Andi. 2020. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Riyanti Widi. (2013). Karakteristik dan Pendidikan Tunanetra, [Online]. Tersedia: http://www.academia.edu. [21

Sadiman, Arif S. dkk. 2014. Media Pendidikan.

Sari Rudiyati. (2002). Pendidikan Anak Tunanetra. Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2003). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugihartono,dkk.(2007).Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods).

Sukiman. 2017. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Suri F dan Mariatin E. Pengaruh Pencahayaan Ruang Kerja Terhadap Stres Kerja Karyawan Biro Perencana dan Kerjasama Universitas Sumatera Utara. Jurnal Diversita, 3(2) Desember (2021) p-ISSN: 2461-1263 e-ISSN: 2580-6793.

Wardani, I.G.A.K. Astati, Hernawati, T. & Somad, P. (2009). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.Web:

Downloads

Published

2025-05-18

How to Cite

Torang Siregar, Abadi, A. M., Andayani, S., Rangkuti, A. N., & Sungkono, J. (2025). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul Dengan One Group Pre And Post Test di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 499–504. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v3i2.206

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.