Strategi Diferensiasi UMKM Greenbelle - Kaisae di Kabupaten Bogor dalam Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Eko Ariawan Universitas Prasetiya Mulya, Jakarta, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.2

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Strategi Differensiasi, UMKM, Pandemi, Covid-19

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan unit usaha kerakyatan yang memiliki kontribusi besar dalam menjalankan roda perekonomian Indonesia, namun umumnya memiliki masalah yang sering dihadapi berupa kurangnya pengalaman dan pengetahuan, jaringan usaha dan pendanaan. Universitas Prasetiya Mulya melalui program Pengabdian Masyarakat tahun 2021 memilih sebuah UMKM di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, dengan nama Greenbelle yang menjual hampers dan suvenir pernikahan sebagai salah satu mitra yang akan didampingi agar Greenbelle memiliki daya saing yang lebih baik. Dari hasil analisa awal ditemukan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM ini adalah tentang pemasaran dan identitas merek, kurang menyadari pentingnya perhitungan harga pokok penjualan dan juga pencatatan keuangan yang baik. Program pendampingan dilakukan dengan cara daring dengan menggunakan metode primer dimana mitra dibimbing secara intensif agar Greenbelle dapat memisahkan identitas untuk produk massal dengan nama yang sudah dikenal baik dan menciptakan identitas baru untuk produk menengah dan mewah dengan identitas Kaisae. Pada akhir pendampingan, strategi diferensiasi berhasil dilakukan dan merek Greenbelle maupun Kaisae mampu bersaing pada segmen pasar nya masing-masing.

References

Belkaoui, A. R. (2011). Accounting Theory. Jakarta: Salemba Empat.

Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An analysis of financial literacy among college students. Financial Services Review, 107-128.

Chen, K. F., & Liu, C. M. (2004). Positive brand extensiontrial and choice of parent . Journal of Product & Brand Management.

Hussain, S., Khattak, J., Rizwan, A., & Latif, M. A. (2013). ANSOFF Matrix, Environment, and Growth An Interactive Triangle. Management and Administrative Sciences Review, 2(2).

IDN Research Institute. (2018). Indonesia Millenial Report 2019. Retrieved from IDN Research Institute: https://cdn.idntimes.com/content-documents/indonesia-millennial-report-2019-by-idn-times.pdf

Katadata. (2020, Juni). Digitalisasi UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Retrieved from katadata.co.id: https://katadata.co.id/umkm

Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2019). Strategic Brand Management: Building, Measure, and Managing Brand Equity. Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran . PT Indeks Kelompok Gramedia.

Meyer, P. J. (2003). Attitude Is Everything: If You Want to Succeed Above and Beyond. Meyer Resource Group, Incorporated.

Niode, I. Y. (2009). SEKTOR UMKM DI INDONESIA: Profil , Masalah, Dan Strategi Pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis OIKOS-NOMOS, 2(1).

Otoritas Jasa Keuangan. (2020, Desember). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019. Retrieved from Otoritas Jasa Keuangan: https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-2019.aspx

Prasetya, B. A. (2021, Januari). Peluang dan Tantangan Bangkitnya UMKM Indonesia di Tengah Pandemi. Retrieved from Universitas Sebelas Maret: https://uns.ac.id/id/uns-update/peluang-dan-tantangan-bangkitnya-umkm-indonesia-di-tengah-pandemi.html

Sari, C. T., & Indriani, E. (2017). Pentingnya Pembukuan Sederhana Bagi Kelompok UMKM KUB Murakabi Desa Ngargoyoso. Wasana Nyata, 17-21.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hal.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan . Jakarta: Prenada Media.

Simamora, B. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Soekiman, S., Damayanti, S. R., Oetoro, I., & Baktiono, R. (2018). Optimalisasi Strategi Metode Pelatihan melalui Pendampingan Usaha Bagi Pelaku Usaha UMKM pada Sentra UUMKM Di Jawa Timur. Seminar Nasional Manajemen, (pp. 296-325). Surabaya.

Sriyana, J. (2010). Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM): Studi Kasus diKabupaten Bantul. Simposium Nasional (pp. 79-103). DPPM UII.

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran (2nd ed.). Yogyakarta: Andy.

Wulanditya, P. (2011). Kemudahan Penyajian Pajak Penghasilan (PPh) Bagi Pengusaha UKM dengan SAK ETAP. Jurnal Pamator, 4. doi:https://doi.org/10.21107/pamator.v4i2.2454

Downloads

Published

2022-02-06

How to Cite

Ariawan, E. (2022). Strategi Diferensiasi UMKM Greenbelle - Kaisae di Kabupaten Bogor dalam Masa Pandemi Covid-19. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 40–52. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.2

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.