Strategi Diferensiasi UMKM Greenbelle - Kaisae di Kabupaten Bogor dalam Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.2Keywords:
Pengabdian Masyarakat, Strategi Differensiasi, UMKM, Pandemi, Covid-19Abstract
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan unit usaha kerakyatan yang memiliki kontribusi besar dalam menjalankan roda perekonomian Indonesia, namun umumnya memiliki masalah yang sering dihadapi berupa kurangnya pengalaman dan pengetahuan, jaringan usaha dan pendanaan. Universitas Prasetiya Mulya melalui program Pengabdian Masyarakat tahun 2021 memilih sebuah UMKM di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, dengan nama Greenbelle yang menjual hampers dan suvenir pernikahan sebagai salah satu mitra yang akan didampingi agar Greenbelle memiliki daya saing yang lebih baik. Dari hasil analisa awal ditemukan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM ini adalah tentang pemasaran dan identitas merek, kurang menyadari pentingnya perhitungan harga pokok penjualan dan juga pencatatan keuangan yang baik. Program pendampingan dilakukan dengan cara daring dengan menggunakan metode primer dimana mitra dibimbing secara intensif agar Greenbelle dapat memisahkan identitas untuk produk massal dengan nama yang sudah dikenal baik dan menciptakan identitas baru untuk produk menengah dan mewah dengan identitas Kaisae. Pada akhir pendampingan, strategi diferensiasi berhasil dilakukan dan merek Greenbelle maupun Kaisae mampu bersaing pada segmen pasar nya masing-masing.
References
Belkaoui, A. R. (2011). Accounting Theory. Jakarta: Salemba Empat.
Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An analysis of financial literacy among college students. Financial Services Review, 107-128.
Chen, K. F., & Liu, C. M. (2004). Positive brand extensiontrial and choice of parent . Journal of Product & Brand Management.
Hussain, S., Khattak, J., Rizwan, A., & Latif, M. A. (2013). ANSOFF Matrix, Environment, and Growth An Interactive Triangle. Management and Administrative Sciences Review, 2(2).
IDN Research Institute. (2018). Indonesia Millenial Report 2019. Retrieved from IDN Research Institute: https://cdn.idntimes.com/content-documents/indonesia-millennial-report-2019-by-idn-times.pdf
Katadata. (2020, Juni). Digitalisasi UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Retrieved from katadata.co.id: https://katadata.co.id/umkm
Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2019). Strategic Brand Management: Building, Measure, and Managing Brand Equity. Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran . PT Indeks Kelompok Gramedia.
Meyer, P. J. (2003). Attitude Is Everything: If You Want to Succeed Above and Beyond. Meyer Resource Group, Incorporated.
Niode, I. Y. (2009). SEKTOR UMKM DI INDONESIA: Profil , Masalah, Dan Strategi Pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis OIKOS-NOMOS, 2(1).
Otoritas Jasa Keuangan. (2020, Desember). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019. Retrieved from Otoritas Jasa Keuangan: https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-2019.aspx
Prasetya, B. A. (2021, Januari). Peluang dan Tantangan Bangkitnya UMKM Indonesia di Tengah Pandemi. Retrieved from Universitas Sebelas Maret: https://uns.ac.id/id/uns-update/peluang-dan-tantangan-bangkitnya-umkm-indonesia-di-tengah-pandemi.html
Sari, C. T., & Indriani, E. (2017). Pentingnya Pembukuan Sederhana Bagi Kelompok UMKM KUB Murakabi Desa Ngargoyoso. Wasana Nyata, 17-21.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hal.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan . Jakarta: Prenada Media.
Simamora, B. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Soekiman, S., Damayanti, S. R., Oetoro, I., & Baktiono, R. (2018). Optimalisasi Strategi Metode Pelatihan melalui Pendampingan Usaha Bagi Pelaku Usaha UMKM pada Sentra UUMKM Di Jawa Timur. Seminar Nasional Manajemen, (pp. 296-325). Surabaya.
Sriyana, J. (2010). Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM): Studi Kasus diKabupaten Bantul. Simposium Nasional (pp. 79-103). DPPM UII.
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran (2nd ed.). Yogyakarta: Andy.
Wulanditya, P. (2011). Kemudahan Penyajian Pajak Penghasilan (PPh) Bagi Pengusaha UKM dengan SAK ETAP. Jurnal Pamator, 4. doi:https://doi.org/10.21107/pamator.v4i2.2454
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Eko Ariawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This means, under the CC-BY 4.0 license the author(s) allow, permitted, and encouraged to:
- The others to share and adapt the work (the material and the content of publications);
- Enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book)
- Post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The users of DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat are required to cite the original source, including the author's names, DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI).


