Implementasi Joyful Learning Dalam Pembelajaran IPS Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Authors

  • Eldi Mulyana Institut Pendidikan Indonesia Garut, Indonesia
  • Tetep Institut Pendidikan Indonesia Garut, Indonesia
  • Triani Widyanti Institut Pendidikan Indonesia Garut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53276/dedikasi.v2i1.34

Keywords:

Implementasi Joyful Learning, Pembelajaran IPS, Adaptasi Kebiasaan Baru

Abstract

Kondisional pandemi Covid-19 yang semakin pesat memberikan pengaruh terhadap proses pembelajaran dalam satuan pendidik. Di tengah-tengah kondisi saat ini tentunya tidak dapat dipungkiri memberikan pengaruh terhadap penurunan minat belajar peserta didik. Di mana sistem pembelajaran pada saat ini melalui konsep pembelajaran jarak jauh, tentunya hal tersebut harus diikuti oleh peserta didik, walaupun peserta didik mengalai penuruan minat belajar dan mulai merasakan titik kejenuhan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan proses pembelajaran menyenangkan (Joyfull Learning) dalam situasi kondisi pada masa adaptasi kebiasaan baru, sehingga akan menimbulkan motivasi belajar peserta didik, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik pada pembelajaran IPS dalam proses belajar di masa adaptasi kebiasaan baru. Hasil dari kegiatan ini memberikan dampak yang positif terhadap minat belajar dan peningkatan keterampilan sosial bagi para peserta didik. Sehingga melalui kegiatan pembelajran di masa adaptasi kebiasaan baru melalui metode Joyful Learning sehingga dapat mengembalikan minat belajar peserta didik pada masa adaptasi kebiasaan baru khususnya dalam kondisional pandemi Covid-19. Sehingga dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan situasi pola pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik secara terus menerus.

References

Bhakti, C. P., Ghiffari, M. A. N., & Salsabil, K. (2019). Joyful Learning: Alternative Learning Models to Improving Student’s Happiness. Jurnal VARIDIKA, 30(2), 30–35. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i2.7572 Crawford, J., Butler-henderson, K., Rudolph, J., Malkawi, B.,

Glowatz, M., Magni, P. A., & Lam, S. (2020). COVID-19: 20’countries hinger education intra-period digital pedagogy response. Journal of Appilied Learning and Teaching, Vol. 3, No. 1, pp. 1-6.

Ernawati, S. (2014). Model pembelajaran inkuiri berbasis masalah sosial berpengaruh terhadap hasil belajar ips siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 2, No. 1, pp. 3.

Elliot, J. (1991). Action research for educational change. Great Britain: Open University Press.

Fajri, N. (n.d.). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat di Sekolah Dasar.

Fisher, B. M. E., Stockbridge, K., Dorner, M., Evensen, C. A., Maghzi, K., Pearson, H., & Cuddy, E. (2015). Mapping Joyful Teaching and Learning : Multiple Perspectives on the Active, Collaborative Learning Environment Mapping Joyful Teaching and Learning : Vol. 26, No. 4, pp. 23–26.

Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS (Filosofi, Konsep, dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Hasan, A., Othman, Z., & Mohd Majzub, R. (2015). Using Active, Creative, Effective and Joyful (ACEJ) Learning Strategies toward English Achievement and their Behavioural Changes among Primary School Students. Mediterranean Journal of Social Sciences, Vol. 1, No. 1, pp. 30-45.

Karalis, T. (2020). Planning and evaluation during educational disruption: Lessons learned from Covid-19 pandemic for treatment of emergencies in education. European Journal of Education Studies, Vol. 7, No. 4, pp. 34-40.

iliyafi, O. dan D. S. (2018). Joyful Learning Journal. Unnes.Ac.Id, 7(3), 29–38. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/23230

Maryani, E. & Syamsudin, H. (2009). Pengembangan program pembelajaran IPS untuk meningkatkan kompetensi keterampilan sosial. Jurnal penelitian, Vol. 9, No 1, pp. 1.

Permatasari, A., Mulyani, B., & Nurhayati, N. (2014). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Joyful Learning Dengan Metode Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 117–122.

Pali, A., & Ota, M. K. (2020). Pendampingan Kegiatan Fun With English Pada Serikat Anak Misioner (SEKAMI) Stasi St. Keusukupan Agung Ende, Flores, NTT, Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Vol. 11 No. 1, pp. 278-283.

Proity, S. H. (2015). Effect of Joyful Teaching on Grade IV Students ‟ Academic Performance in Science. International Journal of Science and Research (IJSR), 4(10), pp. c1232–1240.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sriwaeti. 2016. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Joyful Learning Dengan Teknik Permainan Pohon Pintar”. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK) Vol.1, No.1, pp. 55-59.

Sumartini, T.S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal pendidikan matematika STKIP Garut, Vol. 8, No. 3. Pp. 14.

Santoso, A.B, Wasino, Ginanjar, A, Nisa, S.NA. 2019. “Bimbingan Teknis Implementasi Model Joyfull Learning Bagi Guru Ips Smp Di Kota Semarang”. Jurnal Harmony, Vol. 4, No. 2, pp. 134-142.

Tria, J. Z. (2020). The COVID-19 Pandemic through the Lens of Education in the Philippines: The New Normal. International Journal of Pedagogical Development and Lifelong Learning, Vol. 1, No. 1.

Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model Pembelajaran Menyongsong New Era Normal Pada Lembaga Paud Di Riau. JS (Jurnal Sekolah) Universitas Negeri Medan, 4(3), 205–212

Downloads

Published

2023-02-14

How to Cite

Mulyana, E. ., Tetep, & Widyanti, T. (2023). Implementasi Joyful Learning Dalam Pembelajaran IPS Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 213–221. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v2i1.34

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.