Pendampingan Belajar dan Efektifitas Pendampingan Belajar Siswa di Masa Peralihan

Authors

  • Rosinta Sabela Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Alma Ata Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
  • Tamia Oktaviani Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Alma Ata Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
  • Saryanto Saryanto Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Alma Ata Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.8

Keywords:

Blended learning, Pendidikan, Pendampingan belajar

Abstract

Dalam dunia pendidikan, tidak selamanya pendidikan di sekolah berjalan dengan lancar dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Apalagi wabah Covid-19 yang mengharuskan semua aktivitas dilakukan secara online, maka pemerintah mengeluarkan surat edaran melaksanakan pembelajaran secara blended learning. Berbagai upaya untuk mengatasi problematika pendidikan dapat dilakukan, salah satunya melalui kegiatan pendampingan belajar yang merupakan bagian dari bentuk pengbadian mahasiswa Universitas Alma Ata kepada masyarakat. Pendampingan belajar ini bertujuan untuk membantu siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran di masa peralihan. Metode yang digunkanan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan instrumenya berupa tes angket evaluasi kegiatan pendampingan belajar di masa peralihan. Siswa menjawab sangat setuju 61%, presentase siswa menjawab setuju 39%, presentase siswa menjawab ragu-ragu 0%, presentase siswa menjawab tidak setuju 0%, dan presentase siswa menjawab sangat tidak setuju 0%.

References

Agustina, E., Rohmah, A, & Kuspiyah, H. (2019) ‘Pendampingan Bimbingan Belajar Bahasa Inggris dan Bakti Sosial di Yayasan Pendidikan dan Sosial Roudlotut Thullab’, Jurnal Indonesia Mengabdi, 1, pp. 1–5.

Dewi, V. S., & Maharani, S. (2016) ‘IBM Membangun “Desa Cermat” Melalui Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa’, Jurnal Terapan Abdimas, 1, pp. 1–7.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengerjakan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Index.

Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H (2013). Model Dan Metode Pembelajaran. Semarang: Unissula.

Suyono Dan Hariyanto, Belajar Dan Pembelajaran (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011), Hlm. 9.

Kaunang, Hafiz. 2020. Menakar Efektivitas Belajar Online, Sigap Atau Gagap?. Universitas Muhammadiyah Metro. Diakses Pada Tanggal 23Maret 2020.

Harnani, Sri. 2020. Efektifitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Bdk Jakarta Kementrian Agama Ri. Diakses Pada Tanggal 7 Juli 2020.

Yoyon Efendi, Lusiana, Unang Rio, Muhammad Syaifullah, Syahrul Imardi. (2020). Pelatihan Multimedia Learning Dalam Pembuatan Konten Media Kreatif Pada Smk N 1 Gunung Sahilan. Jurnal Pengabdian Masyarakat J_Pemas. Vol. 1 No. 1

Sugiyono (2005) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (1998) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi, A. (2006) . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutarsih, Sri. 2013. Pengaruh Penerapan Metode Ceramah Bervariasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMK Al-Hidayah Lestari. Skripsi. Jakarta. Universitas Syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2022-02-06

How to Cite

Sabela, R., Oktaviani, T., & Saryanto, S. (2022). Pendampingan Belajar dan Efektifitas Pendampingan Belajar Siswa di Masa Peralihan. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–39. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.8

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.