Pendampingan Belajar dan Efektifitas Pendampingan Belajar Siswa di Masa Peralihan
DOI:
https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.8Keywords:
Blended learning, Pendidikan, Pendampingan belajarAbstract
Dalam dunia pendidikan, tidak selamanya pendidikan di sekolah berjalan dengan lancar dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Apalagi wabah Covid-19 yang mengharuskan semua aktivitas dilakukan secara online, maka pemerintah mengeluarkan surat edaran melaksanakan pembelajaran secara blended learning. Berbagai upaya untuk mengatasi problematika pendidikan dapat dilakukan, salah satunya melalui kegiatan pendampingan belajar yang merupakan bagian dari bentuk pengbadian mahasiswa Universitas Alma Ata kepada masyarakat. Pendampingan belajar ini bertujuan untuk membantu siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran di masa peralihan. Metode yang digunkanan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan instrumenya berupa tes angket evaluasi kegiatan pendampingan belajar di masa peralihan. Siswa menjawab sangat setuju 61%, presentase siswa menjawab setuju 39%, presentase siswa menjawab ragu-ragu 0%, presentase siswa menjawab tidak setuju 0%, dan presentase siswa menjawab sangat tidak setuju 0%.
References
Agustina, E., Rohmah, A, & Kuspiyah, H. (2019) ‘Pendampingan Bimbingan Belajar Bahasa Inggris dan Bakti Sosial di Yayasan Pendidikan dan Sosial Roudlotut Thullab’, Jurnal Indonesia Mengabdi, 1, pp. 1–5.
Dewi, V. S., & Maharani, S. (2016) ‘IBM Membangun “Desa Cermat” Melalui Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa’, Jurnal Terapan Abdimas, 1, pp. 1–7.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengerjakan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Index.
Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H (2013). Model Dan Metode Pembelajaran. Semarang: Unissula.
Suyono Dan Hariyanto, Belajar Dan Pembelajaran (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011), Hlm. 9.
Kaunang, Hafiz. 2020. Menakar Efektivitas Belajar Online, Sigap Atau Gagap?. Universitas Muhammadiyah Metro. Diakses Pada Tanggal 23Maret 2020.
Harnani, Sri. 2020. Efektifitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Bdk Jakarta Kementrian Agama Ri. Diakses Pada Tanggal 7 Juli 2020.
Yoyon Efendi, Lusiana, Unang Rio, Muhammad Syaifullah, Syahrul Imardi. (2020). Pelatihan Multimedia Learning Dalam Pembuatan Konten Media Kreatif Pada Smk N 1 Gunung Sahilan. Jurnal Pengabdian Masyarakat J_Pemas. Vol. 1 No. 1
Sugiyono (2005) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (1998) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi, A. (2006) . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutarsih, Sri. 2013. Pengaruh Penerapan Metode Ceramah Bervariasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMK Al-Hidayah Lestari. Skripsi. Jakarta. Universitas Syarif Hidayatullah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Rosinta Sabela, Tamia Oktaviani, Saryanto Saryanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This means, under the CC-BY 4.0 license the author(s) allow, permitted, and encouraged to:
- The others to share and adapt the work (the material and the content of publications);
- Enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book)
- Post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The users of DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat are required to cite the original source, including the author's names, DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI).


